Memasuki musim kemarau, BMKG ingatkan jalur mudik di Sumatra rawan terbakar

Jumat, 24 Mei 2019 | 18:45 WIB Sumber: Kompas.com
Memasuki musim kemarau, BMKG ingatkan jalur mudik di Sumatra rawan terbakar


MUDIK LEBARAN - PALEMBANG. Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, jalur mudik wilayah Sumatra rawan terbakar, karena saat arus mudik Lebaran akan memasuki musim kemarau.

"Berdasarkan perkiraan cuaca, saat mudik Lebaran akan memasuki musim kemarau sehingga jalur Sumatra rawan terbakar,"ujarnya, usai menghadiri rapat koordinasi persiapan mudik Lebaran di Palembang, Kamis (24/5).

Sebagian Sumatra Barat, Jambi, Sumsel dan Lampung masuk musim kemarau sehingga rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan. Oleh karena itu, para pemudik yang menggunakan kendaraan harus berhati-hati karena bisa saja saat melalui hutan di jalur mudik lokasi tersebut sedang terbakar.

Selain itu, pihaknya minta kepada pengendara dan penumpang kendaraan tidak membuang puntung rokok sembarangan. Puntung rokok yang masih hidup bisa saja mengakibatkan kebakaran jika dibuang sembarangan, terutama di areal hutan dan gambut di musim kemarau karena bisa membawa bencana kebakaran.

Pihaknya terus melakukan sosialisasi agar waspada akan ancaman kebakaran. Selain itu BMKG akan membuka posko mudik Lebaran agar info cuaca bisa diakses setiap saat.

Selain memasuki musim kemarau, untuk Indonesia bagian timur seperti Papua juga diperkirakan masih hujan sehingga harus waspada pada gelombang tinggi dan longsor.  (David Oliver Purba)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "BMKG: Jalur Mudik Sumatera Rawan Terbakar"

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru