Tol Becakayu resmi beroperasi hari ini

Jumat, 03 November 2017 | 10:07 WIB   Reporter: Anggar Septiadi
Tol Becakayu resmi beroperasi hari ini


JALAN TOL - JAKARTA. Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) Seksi I B-C sepanjang 8,4 kilometer (km) resmi beroperasi pada Jumat (3/11).

Tol yang perencanannya dimulai sejak 1997 ini secara total akan memiliki panjang 23,8 km, yang terbagi atas seksi IA 3,5 km, IB-C yang mulai beroperasi hari ini 8,4 km, lalu seksi II A 4,1 km, dan seksi II B 7,8 km.

Bertindak sebagai kontraktor adalah PT Kresna Kusuma Dyandra Marga (KKDM) , yang kepemilikannya mayoritas oleh PT Waskita Toll Road 98,97%, dan Jasa Marga 1,03%.

"Tiang-tiang yang sudah dipancang ini kan tidak baik kalau dibiarkan, jika tidak dilanjutkan akan memberi kerugian dari segi manfaat dan biaya," kata kepala BPJT Kementerian PUPR Hery TZ dalam keterangan pers yang diterima KONTAN, Jumat (3/11).

Pembangunan kembali Tol Becakayu kembali dilaksanakan pada 2014 lalu, setelah mangkrak sekitar 20 tahun.

Direktur Utama KKDM Herwidiakto menyebut dengan mulai beroperasinya Tol Becakayu dapat memperlancar arus kendaraan logistik dari dan menuju Cikarang, Karawang, Purwakarta, dan Bandung. "Tol Becakayu merupakan jawaban atas kebutuhan memperlancar jalur Bekasi-Jakarta," katanya.

Ia juga memperkirakan Tol Becakayu dapat memperpendek waktu tempuh Bekasi-Jakarta hingga 30 menit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini

Terbaru