kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Suku bunga The Fed bakal naik, pasar masih kebanjiran sentimen positif


Selasa, 12 Juni 2018 / 02:10 WIB
Suku bunga The Fed bakal naik, pasar masih kebanjiran sentimen positif


Reporter: Intan Nirmala Sari | Editor: Sofyan Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bank Sentral Amerika Serikat (AS) atau The Federal Reserve akan menggelar rapat Federal Open Market Committee (FOMC) pada 12-13 Juni 2018. Hasil rapat tersebut, akan menentukan apakah suku bunga acuan AS atau Fed Fund Rate (FFR) akan dinaikkan atau justru dipertahankan.

Pada momen penting tersebut, pasar bursa Tanah Air berada posisi tutup, karena libur panjang Lebaran hingga pekan depan. Sehingga, dampak hasil rapat FOMC baru akan dirasakan awal pekan, saat perdagangan bursa dibuka.

Analis Binaartha Parama Sekuritas Muhammad Nafan Aji menilai, meskipun potensi kenaikan FFR bisa berdampak negatif bagi perdagangan pekan depan, namun market Tanah Air masih berpotensi kebanjiran sentimen positif.

"Indeks sudah menunjukkan rebound, meskipun tantangan eksternal banyak, seperti perang dagang dan isu The Fed," kata Nafan kepada Kontan.co.id, Senin (11/6).

Menurutnya, meskipun The Fed menaikkan suku bunga acuannya bulan ini, Bank Indonesia (BI) dan pemerintah sudah mengantisipasi risiko tersebut. Bahkan BI dipastikan tidak akan menaikkan suku bunga acuan Tanah Air, mengingat suku bunga acuan sudah dinaikkan dua kali Mei lalu.

Selain itu, Nafan menilai inflow atau aliran dana masuk ke Tanah Air selama Ramadan yang cenderung meningkat, turut memberikan sentimen positif. Begitu juga proyeksi neraca perdagangan Mei yang diperkirakan surplus, setelah sebelumnya mencatatakan defisit.

"Sentimen Pilkada, Asian Games dan event lainnya juga memiliki efek positif. Sehingga indeks cenderung mengalami pertumbuhan dan mendapatkan katalis positif," paparnya.

Dari sisi eksternal, ajang piala dunia turut mendorong kenaikan konsumsi sehingga memberikan katalis positif. Selain itu, pertemuan antara Kim Jong Un dan Donald Trump di Singapura, bisa membawa sentimen positif terhadap pasar global maupun Asia.

"KTT perdamaian tersebut bisa untungkan kedua belah pihak dan berikan katalis positif, secara investasi tentu sangat kondusif secara global dan Asia," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×