Kontan Online

TELEKOMUNIKASI

Skyroam, cara tetap online bagi si petualang

Wednesday, 16 August 2017 | Maizal Walfajri

KONTAN.CO.ID - Skyroam Indonesia Partner diluncurkan pada Rabu (16/08) di Grand Mercuri Hamoni. Melalui perangkat router ini, pelancong Indonesia dapat mengakses internet tanpa membeli sim card lokal ketika bepergian ke luar negeri. Aplikasi ini sudah dikembangkan di Silicon Valley, Amerika Serikat pada 2009.

Saat ini, Skyroam mencakup 100 negara yang tersebar di benua Amerika, Asia, Eropa, South Pasifik, dan Afrika. Sistemnya pengguna mendapatkan akses internet melalui wireless unlimited. Namun setelah mengakses internet 50 mb dalam 24 jam, kecepatannya akan menurun.

Fasilitas ini dipatok mulai Rp 85.000 untuk kawasan Asia dan Rp 110.000 untuk kawasan Global. Harga tersebut berlaku dalam 24 jam penggunaan atau 1 day pass. Pada saat pemakaian, skyroam dapat digunakan untuk lima gawai baik telepon pintar maupun komputer.

"Saat ini perangkat skyroam masih disewakan. Targetnya semester II 2018 dapat dijual secara komersil kepada masyarakat Indonesia. Pada semester I 2017 Skyroam telah dipakai sebanyak 1.200 day pass," ungkap Chief Executiv Officer Skyroam Indonesia Partner Chandra Hisani kepada KONTAN pada Rabu (16/08).

Chandra melanjutkan saat ini, timnya masih fokus kepada branding bagi pelancong dan agen travel, selanjutnya ia akan membidik para pelaku ritel. Hal ini guna mencapai target 2.500 day pass setiap bulan pasca peluncuran Skyroam.

Agar dapat mencapai target tersebut, Chandra akan memperluas jaringan Skyroam di Indonesia. Pihaknya juga telah menyiapkan call center guna meningkatkan pelayanan. Saat ini sudah terdapat 10 jaringan Skyroam yang tersebar di Jakarta, Tangerang, Bandung, dan Surabaya.

Skyroam sendiri sudah ada di Indonesia sejak Agustus 2016. Saat ini skyroam telah didukung oleh kecepatan jaringan internet 4G. Chandra memaparkan Skyroam tidak terbentur oleh batas negara maupun perbedaan waktu. "Walaupun ada perbedaan waktu, sistemnya tetap 24 jam sejak diaktifkan," tambah Chandra.

Turut memperingati Kemerdekaan Indonesia yang ke-72, Chandra menyatakan setiap I day pass Skyroam akan disumbangkan Rp 1.000 untuk anak-anak Indonesia yang berada di daerah terpencil guna memberikan kesempatan pendidikan yang lebih baik. Dana akan diakumulasi semenjak 17 Agustus 2017 hingga 17 Agustus 2018.

Reporter: Maizal Walfajri
Editor: Yudho Winarto
loading...