kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45925,41   -5,94   -0.64%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Saran perencana keuangan jika ingin investasi saham


Rabu, 18 April 2018 / 19:28 WIB
Saran perencana keuangan jika ingin investasi saham
ILUSTRASI. Pasar modal


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perencana keuangan OneShildt Budi Raharjo mengatakan investasi saham sangat menggiurkan. Terutama iming-iming keuntungan yang bisa dikantongi.

Namun, harus diakui, investasi saham membutuhkan edukasi lebih banyak.  Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan adalah profil risiko investor. Investasi saham lebih sesuai untuk kategori investor agresif yang berani mengambil risiko besar untuk mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi.

Bahkan, ada juga trading saham, untuk mereka dengan profil risk taker. Kata Budi, untuk melakukan trading saham ada beberapa elemen penentu keberhasilan. Pertama adalah ilmu dasar trading saham.. Karena melakukan trading membutuhkan teknik analisa yang lebih teliti. 

Kedua adalah pengalaman. Banyak trader pemula melakukan kesalahan yang berakibat kerugian dalam melakukan trading karena kurang menguasai maupun kurang mengenali profil diri dalam melakukan trading.

"Begitu pula yang berikutnya terkait dengan tools. Penguasaan tools trading seperti aplikasi yang sesuai untuk analisa maupun informasi juga penting," ucap Budi dalam keterangannya, Rabu (18/4). 

Tak kalah penting, money management yang disiplin.  Agar risiko kegagalan lebih kecil sebaiknya trader mengikuti pelatihan dan memiliki mentor. Mencoba dengan modal kecil dari dana yang dapat ditanggung/diterima apabila terjadi risiko kerugian sebelum memasukkan uang yang lebih besar. 

Dalam melakukan money management hal yang sulit adalah untuk tetap kepada plan atau rencana. Terkadang saat naik, trader terdorong untuk terus mengambil keuntungan padahal target sudah terpenuhi. 

Kuncinya adalah edukasi dan pemahaman kepada trader pentingnya untuk tetap disiplin dengan rencana dan kapasitasnya agar apabila terjadi kegagalan tingkat kerugian dapat dibatasi dan tidak mengganggu keuangan dan dana yang sudah disiapkan untuk tujuan-tujuan lainnya secara keseluruhan. 

Ia menyarankan, sebaiknya tidak terlalu banyak membeli saham dari berbagai perusahaan untuk kemudahan monitor, dua atau tiga saham sudah cukup untuk memudahkan monitor dalam melakukan trading saham. 

Salah satu hal lain yang mempengaruhi peluang keberhasilan trading saham adalah menghindari pembuatan keputusan untuk membeli atau menjual secara emosional.

Kata dia, trader pemula saham biasanya minim pengetahuan dan pengalaman. Atau bermodal hanya ikut-ikutan agar dapat memperoleh keuntungan lebih tinggi. Jadi pada akhirnya trader pemula terjebak membuat keputusan berdasarkan emosi. 




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×