Kontan Online

BURSA ASIA

Penguatan Bursa Asia terbatas pagi ini

Tuesday, 21 March 2017 | Sanny Cicilia

TOKYO. Bursa Asia berkonsolidasi di sekitar level tertinggi dalam 15 bulan terakhir pada perdagangan pagi Selasa (21/3). Dollar AS juga menunjukkan penguatan tipis namun masih tertekan oleh langkah bank sentral AS Federal Reserve yang tak seagresif perkiraan pasar. 

Di awal perdagangan, MSCI Asia-Pasifik di luar Jepang naik tipis 0,1%. Sementara Indeks Kospi di Korea Selatan menyentuh level tertinggi dua tahun terakhir dengan lompatan 0,82% pagi ini. 

Indeks Nikkei 225 di Jepang terkoreksi 0,8% tertekan saham-saham berorientasi ekspor akibat penguatan yen. Bursa ASX 200 di Australia juga terkoreksi 0,22% pagi ini.

Meski saham-saham di Asia ditopang oleh prospek pertumbuhan ekonomi, investor khawatir dengan kebijakan proteksionisme perdagangan AS yang mulai diterima oleh negara-negara perekonomian besar dunia lainnya. 

Sementara itu, AS belum menunjukkan tanda-tanda segera membahas reformasi pajak yang didengungkan Presiden Donald Trump. Hal ini mendorong pelemahan bursa AS pada perdagangan kemarin. 

Di sisi lain, pasar menilai bank sentral AS Federal Reserve tidak akan dapat mengekang lonjakan inflasi pemerintahan Trump jika hanya menaikkan bunga dua kali lagi pada tahun ini. 

"Valuasi pasar AS semakin mahal, jadi penguatan akan terbatas. Saham-saham di Jepang juga tampaknya tidak akan mendapat banyak keuntungan," kata Tatsushi Maeno, Senior Strategist di Okasan Asset Management. 

Source : Reuters

Reporter: Sanny Cicilia
Editor: Sanny Cicilia