Kontan Online

INVESTASI REKSADANA

Ini formula investor hadapi sentimen global

Sunday, 13 August 2017 | Elisabet Lisa Listiani Putri

KONTAN.CO.ID - Konflik geopolitik yang terjadi di semenanjung Korea dan melibatkan Korea Utara serta Amerika Serikat sedikit banyak mempengaruhi pasar. Beberapa analis menyatakan bahwa dengan adanya konflik ini investor cenderung akan mengambil sikap tunggu.

Sejumlah manajer investasi memberikan resep investasi yang cukup ideal sewaktu menghadapi konflik ini. Rudiyanto, Direktur Panin Asset Management mengatakan bahwa secara historis, peperangan sudah sering terjadi, namun dampak terhadap pasar modal umumnya terbatas,

"Namun tentu saja, diharapkan agar perang tidak terjadi supaya lebih kondusif," kata Rudiyanto kepada KONTAN, Minggu (13/8). Ia juga mengatakan, setidaknya ada tiga resep yang bisa dipilih tergantung dari profil risiko.

Untuk investor yang cenderung agresif bisa 50%-70% investasi ke reksadana saham, sisanya dibagi di reksadana pasar uang, pendapatan tetap dan campuran. Bagi investor yang cenderung moderat, formula 50%-70% reksadana campuran bisa dipilih sementara sisanya dibagi. Nah, bagi investor yang cenderung konservatif, investor bisa menempatkan 50%-70% investasi ke pendapatan tetap, kemudian sisanya dibagi.

Reporter: Elisabet Lisa Listiani Putri
Editor: Wahyu Rahmawati
loading...