Kontan Online

IHSG

IHSG diramal bergerak terbatas pekan ini

Monday, 19 June 2017 | Klaudia Molasiarani

JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat 0,32% ke level 5.741,909 pada perdagangan Senin (19/6). Namun, sepanjang pekan ini, indeks diramal hanya bergerak terbatas jelang libur Lebaran.

Riska Afriani, Analis OSO Sekuritas menjelaskan, dari sisi global, beberapa rilis data ekonomi Amerika Serikat (AS) yang berada di bawah ekspektasi pasar memicu dana asing masuk alias capital inflow di emerging market. Mengutip RTI, volume perdagangan hari ini mencapai 9,21 miliar lot saham dengan nilai transaksi Rp 5,20 triliun.

Di sisi lain, menjelang Lebaran, kata Riska, investor domestik memilih untuk melakukan aksi ambil untung, sehingga perdagangan didominasi oleh investor asing. "Investor domestik mulai bersih-bersih portofolio dan melakukan aksi profit taking terbatas. Investor asing mulai masuk ke pasar saham kita," paparnya, Senin (19/6).

Selain itu, Riska menduga, penguatan IHSG, hari ini, terjadi lantaran adanya teknikal rebound, setelah turun signifikan pada perdagangan akhir pekan lalu. Dia memprediksi, pergerakan IHSG sepanjang pekan ini akan terbatas.

Riska meramal, Selasa (20/6), IHSG akan bergerak pada range 5.678-5.783

Sementara, Nafan Aji, Analis Binaartha Parama Sekuritas menilai, rilis Paket Kebijakan Ekonomi XV menjadi katalis positif penguatan IHSG pada hari ini. "Paket kebijakan tersebut diyakini akan mampu mengatasi permasalahan logistik di Tanah Air," ungkap Nafan.

Reporter: Klaudia Molasiarani
Editor: Dupla Kartini